Awas Motor Kesayangan Bisa Loyo

Para Brader biker harus waspada sama kondisi motor kesayangan, bisa jadi mendadak loyo dan tak bertenaga, bensin menjadi boros dan berat saat jalanan menanjak.

Komponen yang menjadi tersangka adalah kopling. kampas kopling yang sudah aus ditandai sering selip saat perpindahan gigi transmisi. Fungsi kopling sendiri adalah untuk penghubung atau pemutus tenaga mesin dan gigi transmisi.

Karena itu kondisi kampas kopling harus diperhatikan para biker, kondisi kopling yang baik memberikan kenyamanan dalam perpindahan transmisi.

Berikut ciri-ciri kampas kopling yang minta pensiun;

1. Akselerasi Motor Lembek

    Motor akan terasa berat untuk melakukan akselerasi, tarikan awal hingga top speed yang normal     bisa dalam waktu 10 detik, bisa ngaret menjadi diatas 15 detik.

    Artinya akselerasi ditempuh lebih lama dari biasanya.

2. Kopling Selap Selip

   Sering terjadi selip saat perpindahan transmisi, baik saat menaikkan gigi maupun menurunkan gigi.

   Dan juga susah menetralkan transmisi pada saat berhenti


3. RPM / Putaran Mesin Tinggi

   Putaran Mesin / RPM mesin makin tinggi, bisa dibaca dengan membandingkan kecepatan dan RPM.

   Jika saat normal dengan RPM 3000 bisa mencapai kecepatan 100 km/jam, maka saat kopling tidak normal RPM akan lebih tinggi dari biasanya.

Kampas kopling memiliki batas pemakaian normal yaitu 15.000 - 20.000 km.

sumber : motorplus

Comments

Post a Comment